Pendidikan Islam memainkan peranan penting dalam pembentukan karakter masyarakat Islam di dunia. Apalagi Islam merupakan agama terbesar kedua yang dianut umat manusia di dunia ini. maka tak ayal jika pendidikan Islam menjadi muara dan sumber perubahan dalam masyarakt Islam.

Pendidikan Agama islam adalah usaha berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik agar kelak setelah selesai pendidikannya dapat memahami dan mengamalkan ajaran agama Islam serta menjadikannya sebagai pandangan hidup (way of live). Pendidikan Agama Islam adalah pendidikan yang dilaksanakan berdasar ajaran Islam (Wikipedia).

Sumber pendidikan Islam yaitu Al-Qur’an dan Al-Hadits yang merupakan landasan dan sumber hukum Islam. di samping Ijtihad dri para Ulama dan Cendikiawan Muslim.

Tujuan pendidikan menurut Ibnul Qoyyim ada empat, antara lain:

  1. Tujuan Jasmani
  2. Tujuan Akhlak
  3. Tujuan Kgnitif
  4. Tujuan Pedagogis

Pendidikan Islam memiliki keunikan yang tidak dimiliki pendidikan lain, dapat menumbuhkan kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, dan sosial. Fungsi tersebut berjalan seiring dengan petumbuhan dan perkembangan yang dialami oleh setiap orang.

By misbah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *