Bauran Pemasaran Perpustakaan SMK Negeri 1 Songgom

Marketing mix atau bauran pemasaran adalah perangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan; yang dipadukan oleh firm untuk menghasilkan respons yang diinginkan pasar sasaran. Dalam konteks perpustakaan maka yang dimaksud dengan bauran pemasaran perpustakaan adalah semua faktor yang dapat dikuasai oleh seseorang kepala perpustakaan dalam rangka mempengaruhi permintaan pemustaka terhadap ketersedian bahan pustaka dalam sebuah perpustakan.

Berpijak pada teori maka Ada empat faktor yang mempengaruhi bauran perpustakaan di SMKN 1 Songgom antara lain Product, Place, Price, Promotion.

  1. Produk

Produk adalah sesuatu atau bahan  yang ditawarkan pada pemustaka baik produk nyata ataupun produk tidak nyata (jasa) sehingga dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan pemustaka. Ada pun di perpustakaan SMK Ngeri 1 songgom ada dua jenis produk yang ditawarkan antara lain :

  1. Bahan pustaka

Bahan pustaka yang ditawarkan oleh perpustakaan SMKN 1 Songgom adalah sebagai berikut :

  • Buku-buku bacaan baik berupa buku fiksi mau pun non fiksi
  • Buku-buku paket pelajaran
  • Jurnal dan surat kabar berlangganan
  • Ebook (dalam pengemabangan)
  • Jasa pustaka
  • Layanan konsultasi pustaka
  • Layanan jasa foto kopi dan penjiilidan

2. Tempat

Lokasi harus berada di tempat yang strategis dan mudah dijangkau dari segala arah. Distribusi barang/jasa mungkin melibatkan saluran fisik atau yang lainnya tergantung pada bentuk jasa tersebut (Lovelock, 2010:25).

2. Harga (Price)

Harga, adalah satuan moneter atau ukuran lainnya yang termasuk barang/jasa yang ditukarkan agar memperoleh hak kepemilikan atau pengguna satu barang jasa (Tjiptono, 2006:151). Perpustakaan tidak meminta biaya sama sekali, namun  sesungguhnya ada biaya Transport, waktu dan tenaga dari pengguna ketika mempertimbangkan menggunakan layanan perpustakaan

3. Promosi

Promosi juga bisa dikatakan bentuk komunikasi dari manajemen pada konsumen yang di dalamnya mengandung aspek-aspek menginformasi, mempengaruhi, dan membujuk pemustaka maupun calon pemustaka untuk menggunakan barang/jasa di perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan informasinya (Mulyadi,2014:119).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *