Hallo Gaes, selamat siang menjelang malam. Se nang rasanya bisa berjumpa kalian di alam gaib ini. Alam yang tak kasat mata namun penuh dengan rasa. Semoga kita senantiasa diberi kebahagiaan di dunia dan ahirat.

Tak terasa sudah 6 bulan menjalani program pendidikan guru penggerak, seperti sedang bertapa untuk mendapatkan kanuragan. Asyik dan mengasikan, seperti semboyan guru penggerak “tergerak,bergerak dan menggeraikan”.

Oh ya Gaes..ada beberapa tips nih, biar lulus dan berkanuragan. Mungkin kalo sekedar lulus sih gampang, tapi tanpa menjiwai dan benar-benar menjadi guru penggerak itu yang lumayan perlu kerja keras. Simak dech tips berikut ini:

Pertama, biasanya kita akan dihadapkan pada menu mulai dari diri se diri yang ada di LMS. Disini kita dituntut untuk melakukan gerakan yang dimulai dari diri kita sendiri sebelum mengajak orang lain untuk bergerak dan melakukan perubahan. Biasanya disini ada materi-materi berupa teks bacaan, video atau gambar. Sediakan waktu yang cukup Untuk membaca dan mencermatinya dengan baik, percaya dech disitu ada ilmu baru dan pengalaman baru. Kemudian berikan komentar atau pertanyaan dari materi materi yang ada. Gunakan bahasa yang baik santun berbobot dan kritis. Usahakan Untuk tidak asal-asalan dalam memberikan statemen apa lagi copy paste dari mbah google, jangan dech.itu menandakan anda tidak profesional alias plagiator.

kedua, Ruang kolaborasi

ketiga, Demonstrasi kontekstual

keempat, koneksi antar materi

kelima, elaborasi pemahaman yang biasanya akan disampaikan oleh pakar yang sudah ditugaskan oleh balai guru penggerak.

ke enam, ada aksi nyata. Dimana kita dituntut untuk membuat sebuah aksi nyata yang dilakukan di sekolah terkait dengan modul yang sudah kita pelajari.

  • Pesan saya: kerja kan semuanya dengan baik dan bijaksana. Jangan sampai menyontek apa lagi plagiat karya orang lain.
  • Bersambung dulu dech …mipil dikit dikit-dikit

By misbah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *