-
Mengenal Hard Skill and Soft Skill
Untuk memahami lebih lanjut tentang pengertian Hard Skill dan Soft Skill, silakan bisa langsung mendownload file yang sudah disedikan di laman ini. Download disini
-
Capaian Umum Mata Pelajaran Bahasa Arab Fase F
Capaian Umum Mata Pelajaran Bahasa Arab Fase F (SMA/SMK) Pada akhir fase F, peserta didik diharapkan dapat: 1) menyimak huruf-huruf hijaiyah minimal 500 kosakata dan kalimat-kalimat bahasa Arab; 2) mengungkapkan kosakata dan kalimat bahasa Arab; 3) memahami teks-teks dialog/percakapan, cerita narasi, dan deskripsi; dan 4) menyusun karangan yang berisi dialog/ percakapan, cerita narasi, dan deskripsi bahasa Arab. Capaian per Elemen Pada akhir fase ini diharapkan peserta didik dapat menyimak huruf-huruf hijaiyah minimal 500 kosakata dan kalimat-kalimat bahasa Arab. Pada fase ini peserta didik dapat menyimak huruf-huruf hijaiyah yang sesuai dengan pelafalannya. Peserta didik dapat membedakan huruf-huruf yang keluar secara tepat (makharij al-huruf) dengan benar dan menirukan huruf-huruf yang didengarnya. Selain…
-
Ibnu Miskawaih (932-1030 M) dan pemikirannya (Catatan seorang Guru Penggerak Part 1)
akhlak
-
Mengenal Model Pembelajaran Berdiferensiasi
Sebelum membahas lebih jauh dalam pembelajaran bahasa arab, ada baiknya untuk mengungkap dulu apa itu model pembelajaran diferensiasi. Yang kemudian saya terapkan dalam pembelajaran Bahasa arab. Pembelajaran diferensiasi adalah sebuah model pembelajaran yang mengedepankan dan menggali segala potensi yang ada dalam diri murid yang beraneka ragam. Potensi-potensi yang begitu beragam itu kemudian disatukan dalam sebuah kelompok pembelajaran. Pembelajaran diferensial tidak lepas dari kebutuhan belajar murid. Kebutuhan belajar murid mencakup minat belajar,………….dan profil belajar murid. Link dapat di download disini
-
Pernak pernik pembelajaran sosial emosional
bismillahi rohmani rohim sahabat-sahabat semua, pernahkah kalian mendengar istilah sosial emosional?dalam kontek pembelajaran.
-
Dalam dekapan rindu
jika malam berlalu suara binantang malam mulai hilang dalam tahajudku ada rindu dalam tahajudku ada untaian doa dalam tahajudku ada secercah harapan sementara pagi menjelang rindu itu kian pekat rindu itu kian melekat tak juga aku tak juga kau semua berjalan tanpa makna Dalam dekapan embun Pagi Diantara ilalang-ilalang Dan rembulan yang mulai sirna Ada samar bayangmu dengan senyum lekat Brebes, 7 Mei 2024
-
Mahluk aneh itu bernama “Manusia”
Dulu, sekitar tahun 1990, ketika aku baru berusia 7 tahun, sering membolak balik majalah dan koran yang dibawah mbah ku dari kantor. Beliau seorang tentara atau ABRI pada masanya. tetapi bukan itu yang aku maksud. tapi ada hal lain yang aku lihat dari majalah yang dibawa kakekku itu. dibeberapa halaman aku melihat anak kecil dengan senjata semacam AK-45 dan perang yang terjadi di timur tengah yang waktu itu aku tak tahu itu. Belakangan ini aku baru tahu bahwa peristiwa itu adalah perang teluk yang meletus pada 2 agustus 1990 akibat invasi irak ke kuwait. ini kemudian di sebut sebagai perang teluk 1 atau gulf war dengan kode nama operasi badai…
-
Antara Miskawaih, Al-Ghazali dan Likona
Pendidikan karakter saat ini merupakan poin penting dalam membangun moral generasi muda kedepan. ada yang membedakanya dengan istilah pendidikan nilai atau value. bahkan saat aku menyelesaikan pendidikan magister, konsep pendidikan nilai sedang ramai diperbincangkan. menarik memang ini untuk dibahas meski pun sebenanya ini bukan menu baru. sudah sejak lama karakter, nilai, moral, akhlak atau budi pekerti menjadi bagian penting dari pendidikan. bahkan sering dikatakan bahwa semakin tinggi pendidikan seseorang maka harus semakin baik pula perilakunya. itulah mungkin yang menyebabkan munculnya istilah kode etik. nyaris di semua bidang keilmuan memiliki kode etik tersendiri. Dalam coretan yang sangat sederhana ini, menarik sepertinya menurut penulis sendiri untuk mengangkat pemikiran dari tiga tokoh penting…
-
Pertanyaan Pemantik
Salah satu bagian yang pernah membuat aku bertanya-tanya adalah tentang pertanyaan pemantik. aku pikir ini apa an nih?waw ternyata lebih dari sekedar apa-apa. maklum masih pagi jadi energi nglanturnya masih orisinil Bosku. kembali ke laptop, agak serius dikit lah genk. Sobat mungkin pernah mendengar istilah pertanyaan pemantik yah? Sebuah pertanyaan yang sering diberikan kepada murid diawal pembelajaran, mungkin ada tujuan tertentu yah, seorang guru memberikan pertanyaan pemantik. apa dan kenapa mari kita telusuri bersama-sama seputar pertanyaan pemantik itu Genk. Dalam buku “Evolusi pendidikan bersama guru penggerak” yang dimaksud pertanyaan pemantik adalah pertanyaan yang dirancang dapat memicu atau memunculkan potensi setiap siswa dalam proses pembelajaran dan menciptakan siswa berfikir kritis (Rusly…
-
Modul Ajar Bahasa Arab SMK Fase F
-
Memahami konsep Pemahaman Bermakna dalam Kurikulum Merdeka
Hallo Genk, gimana nih kabar kalian semua siang hari ini?semoga senantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Sahabat pendidikan, sebagai seorang guru pernah kah kita menemukan istilah pemahaman bermakna? Setidaknya saat kita menyusun modul ajar atau saat kita searching-searching di mbah google. Nah itu pemirsa yang budiman, mengapa saya menyempitkan diri untuk menulis ini di halaman website pribadiku tak lain dan tak bukan adalah karena saya penasaran juga tentang pemahaman bermakna itu sendiri. Ya iseng-iseng siapa tahu ada diantara kita yang belum tahu lebih mendalam tentang arti sebuah pemahaman bermakna. Yuk cekidot kita santap dech. Pemahaman bermakna ada pada modul ajar pada kurikulum merdeka. secara sederhana pemahaman bermakna sebagai sebuah…
-
Tips Sukses Pendidikan Calon Guru Penggerak
Hallo Gaes, selamat siang menjelang malam. Se nang rasanya bisa berjumpa kalian di alam gaib ini. Alam yang tak kasat mata namun penuh dengan rasa. Semoga kita senantiasa diberi kebahagiaan di dunia dan ahirat. Tak terasa sudah 6 bulan menjalani program pendidikan guru penggerak, seperti sedang bertapa untuk mendapatkan kanuragan. Asyik dan mengasikan, seperti semboyan guru penggerak “tergerak,bergerak dan menggeraikan”. Oh ya Gaes..ada beberapa tips nih, biar lulus dan berkanuragan. Mungkin kalo sekedar lulus sih gampang, tapi tanpa menjiwai dan benar-benar menjadi guru penggerak itu yang lumayan perlu kerja keras. Simak dech tips berikut ini: Pertama, biasanya kita akan dihadapkan pada menu mulai dari diri se diri yang ada di…
-
Percakapan bahasa Arab di Warung Makan
الحوار رودي : السلام عليكم ورحمة الله وبركاته لونا : وعليكم السلام ورحمة الله و بركاته رودي : مَاسْمُكَ يَا اُخْتِيْ ؟ لونا : اسمي لونا , وانت ماسمك؟ رودي : اِسْمِي رُوْدِي لونا : هَلْ اَنْتَ طَالِبُ يا رودي رودي : نَعَمْ اَنَا طَالِبٌ فِى المَدْرَسَةِ المِهْنِيَّةِ الحُكُوْمِيَّةِ بِسوعكوم (SMKN 1 Songgom) و انتِ ؟ لونا : اَنَا عَامِلَةٌ فِى شِرْكَةِ ً رودي : وَمَنْ هُوَ يَا لُوْنَا ؟ لونا : هُوَ صَدِيْقِي , اِسْمُهُ اَنْدِيْ رودي : هَلْ هُوَ عَامِلٌ فى شركة Winner اَيْضَا ؟ لونا : لاَ , هُوَ مُدِيْرٌ فى شركة Adidas رودي : اَهْلاَ وسهلا يا اندي اندي : اهلا…
-
Materi PABP kelas X : Peran Tokoh Ulama dalam Penyebaran Islam di Indonesia(Metode Dakwah Islam oleh Wali Songo di Tanah Jawa)
Berikut Referensi yang dapat digunakan guna menunjang pembelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X Semester 2 SMK Kurikulum merdeka tentang peran tokoh ulama dalam penyebaran islam di Indonesia (Metode Dakwah Islam oleh Wali Songo di Tanah Jawa). :