Opini

Pertanyaan Pemantik

Salah satu bagian yang pernah membuat aku bertanya-tanya adalah tentang pertanyaan pemantik. aku pikir ini apa an nih?waw ternyata lebih dari sekedar apa-apa. maklum masih pagi jadi energi nglanturnya masih orisinil Bosku. kembali ke laptop, agak serius dikit lah genk.

Sobat mungkin pernah mendengar istilah pertanyaan pemantik yah?

Sebuah pertanyaan yang sering diberikan kepada murid diawal pembelajaran, mungkin ada tujuan tertentu yah, seorang guru memberikan pertanyaan pemantik. apa dan kenapa mari kita telusuri bersama-sama seputar pertanyaan pemantik itu Genk.

Dalam buku “Evolusi pendidikan bersama guru penggerak” yang dimaksud pertanyaan pemantik adalah pertanyaan yang dirancang dapat memicu atau memunculkan potensi setiap siswa dalam proses pembelajaran dan menciptakan siswa berfikir kritis (Rusly dkk, 2022: 269). Sementara dalam modul ajar kurikulum merdeka yang dimaksud dengan pertanyaan pemantik adalah pertanyaan-pertanyaan yang seharusnya dapat dijawab oleh siswa apabila siswa telah selesai mempelajari materi atau topik pembelajaran tertentu.

Pertanyaan pemantik secara usia dapat diberikan kepada anak dengan rentrang usia mulai 4 tahun sampai 16 tahun. pertanyaan pemantik memuat topik materi yang akan diajarkan kepada murid. durasi waktunya bisa 5 – 15 menit. para guru dan menyusun dan merumuskan pertanyaan pemantik yang dapat meningkatkan rasa penasaran dan motivasi murid untuk belajar.

Sebagai contoh pertanyaan pemantik di akhir pembelajaran sebagai berikut :

Apa kosakata baru atau istilah yang baru kamu dengar pada hari ini ?

Sebutkan satu hal yang akan kamu ubah atau tambahkan dari materi hari ini ?

Bagaimana perasaan kalian setelah mempelajari materi hari ini?

dan lain sebagainya, guru dapat merumuskan dan merancang pertanyaan pemantik sesuai dengan topik dari materi yang dipalajari pada waktu tertentu.

Comments Off on Pertanyaan Pemantik